Jumat, 21 Mei 2021

Desain Media Pembelajaran Terpadu Berbasis TIK

0 Comments

Teknologi Komunikasi dan Informasi saat ini memang sudah tidak bisa kita pisahkan dari kehidupan manusia modern.setiap harinya kehidupan kita selalu dipenuhi dengan perangkat-perangkat TIK tersebut. Berlatarbelakang hal tersebut maka muncul sebuah gagasan dari kalangan yang perduli terhadap kegiatan pembelajaran yang berlangsung nagi peserta didik disekolah untuk mencetuskan sebuah kegiatan pembelajaran berbasis TIK.

Pemanfaatan dan pengembangan TIK dalam kegiatan pembelajaran di sekolah dikenal dengan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Melalui fasilitas yang disediakan oleh sistem tersebut, guru dan siswa dapat mengeksplorasi kegiatan belajar dan mengajar secara efektif dan efisien.

Komputer merupakan salah satu alat dalam TIK yang mempunyai banyak kelebihan,termasuk bila dimanfaatkan dalam pembelajaran.pemanfaatan komputer dalam pembelajaran memungkinkan peserta didik melakukan interaksi langsung dengan sumber informasi,mengolah hasil belajar,bahkan mengkreasikan hasil belajar agar menjadi lebih menarik dan menyenangkan sehingga dengan pembelajaran berbasis TIK ini kegiatan pembelajaran akan semakin berkembang.

Media Pembelajaran Terpadu Berbasis TIK

Media pembelajaran merupakan alat atau bentuk stimulus yang berfungsi untuk menyampaikan pesan pembelajaran. Media pembelajaran merupakan suatu yang menjadi perantara untuk menyampaikan pesan atau mengkomunikasikan pembelajaran dari guru pada siswanya. Dengan adanya pembelajaran maka siswa akan lebih mudah untuk paham pada pembelajarannya, begitu juga guru yang juga akan lebih mudah dalam menyampaikan ilmunya.

Pembelajaran terpadu ialah kegiatan pembelajaran yang terorganisasikan secara lebih terstruktur yang bertolak pada tema-tema tertentu atau pelajaran tertentu sebagai titik pusatnya. Menurut prabowo (2000:2) pembelajaran terpadu adalah suatu proses yang melibatkan atau mengaitkan berbagai bidang studi. Dan ada dua pengertian yang perlu dikemukakan untuk menhilangkan kerancuan dari pengertian pembelajaran terpadu diatas, yaitu konsep pembelajaran terpadu dan IPA terpadu. Pendekatan belajar mengajar seperti ini diharapkan akan dapat memberikan pengalaman yang bermakna kepada anak didik kita. Arti bermakna disini dikarenakan dalam pembelajaran terpadu diharapkan anak akan memperoleh pemahaman terhadap konsep-konsep yang mereka pelajari dengan melalui pengalaman langsung dan menghubungkannya dengan konsep lain yang sudah mereka pahami.

Dari beberapa pengertian diatas bisa disimpulkan bahwa media pembelajaran terpadu berbasis TIK merupakan alat bantu atau media yang berfungsi untuk menyampaikan pembelajaran terpadu dimana media tersebut berbasis pada TIK.

Di era milenial ini TIK merupakan hal yang memiliki peranan penting dalam pendidikan, baik dari segi proses belajar siswa ataupun membantu guru dalam membelajarkan siswa. Pada dasarnya TIK ini harus terus dikembangkan agar pemanfaatannya khususnya di dunia pendidikan bisa lebih dioptimalkan. Dan diluar hal itu dengan adanya TIK yang digunakan pada proses belajar mengajar pasti ada kelebihannya masing-masing, terutama jika TIK ini digunakan untuk membuat media pembelajaran, seperti membuat PPT, membuat video yang berhubungan dengan

pelajaran, dan masih banyak lagi contoh lainnya. Oleh karena itu alangkah baiknya jika seorang guru dalam mengajarnya memanfaatkan media yang berbasis TIK. Karena dengan adanya media pembelajaran yang berbasis TIK ini maka akan lebih mudah bagi guru dalam mengajar. Selain guru siswa juga dituntut untuk mengetahui tekhnik pembelajaran yang menggunakan TIK. Dari segi bagaimana cara siswa mengaplikasikannya, serta bagaimana cara siswa memanfaatkannya. Karena jika tidak begitu maka kita akan tertinggal oleh kemajuan tekhnologi yang terjadi saat ini.

Jenis-jenis Media Pembelajaran Berbasis TIK

Dengan cepatnya tekhnologi komunikasi maka semakin banyak pula media komunikasi yang muncul. Pada pembahasan ini,media komunikasi yang dimaksud adalah media untuk membantu pelaksanaan pembelajaran di sekolah. Beberapa media yang dimaksud adalah komputer (internet),peralatan audio seperti tape recorder dan peralatan visual seperti VCD/DVD.

Komputer

Perkembangan perangkat komputer   saat ini mengalami kemajuan yang sangat pesat. Pesatnya perkembangan tekhnologi komputer memang sebagai jawaban untuk akses data atau informasi. Perubahan di masyarakat yang semakin capat pada akhirnya menuntut perkembangan teknologi komputer yang semakin canggih. Saat ini dibutuhkan akses data yang cepat,sehingga pada akhirnya prosesor yang ada juga semakin cepat.

Peralatan Audio

Perkembangan peralatan audio saat ini juga mengalami perkembangan yang pesat.peralatan audio yang digunakan dalam proses bimbingan dan konseling seperti tape recorder. Penggunaan tape recorder ini antara lain adalah untuk merekam sesi konseling dan memutar kembali hasil-hasil yang diperoleh selama sesi konseling.tape recorder membutuhkan kaset untuk bisa melakukan tindakan perekaman. Kaset memiliki pita magnetik yang berfungsi untuk menyimpan data atau informasi percakapan.

Peralatan Visual

Alat visual dapat bermacam-macam ragamnya seperti video player dan DVD/VCD player. Pada awalnya, penggunaan peralatan visual adalah dengan mempergunakan proyektor. Penggunaan proyektor ini dipandang tidak efisien,karena dalam proses produksinya membutuhkan tahapan-tahapan yang panjang. Mulai dari merekam gambar sampai dengan menampilkan gambar. Bahkan seringkali dijumpai mutu gambar yang tidak bagus dan bahkan mudah rusak. Sehingga lambat laun peralatan ini mulai ditinggalkan. Video player dulu merupakan peralatan yang lumayan besar dan berat, selain itu kaset yang dipergunakan juga relatif besar,sehingga dipandang tidak praktis. Terlebih,hasil rekaman seringkali tidak begitu jernih. Peralatan visual yang sering kita jumpai antar lain adalah video player atau CD player. Peralatan ini banyak dijumpai karena memiliki tingkat pengoprasian yang mudah dan memiliki harga yang relatif murah.

Perkembangan teknologi informasi saat ini, pada akhirnya bertujuan untuk memudahkan konsumen menikmati hiburan atau informasi dengan efisien. Hal ini pada akhirnya memunculkan perangkat-perangkat multi media. Teknologi multi media yang berkembang saat ini sudah sedemikian canggihnya,sehingga seringkali konsumen bingung untuk memilih teknologi apa yang akan dibeli.

Tujuan Siswa Mempelajari TIK

Secara khusus tujuan mempelajari TIK diantaranya yaitu :

Menyadarkan siswa akan potensi perkembangan TIK yang terus berubah sehingga siswa dapat termotivasi untuk mengevaluasi dan mempelajari TIK sebagai dasar untuk belajar sepanjang hayat.

Memotivasi kemampuan siswa untuk bisa beradaptasi dan mengantisipasi perkembangan TIK sehingga siswa bisa melaksanakan dan menjalani aktivitas kehidupan sehari hari secara mandiri dan lebih percaya diri

Mengembangkan kompetensi siswa dalam menggunakan TIK untuk mendukung kegiatan belajar, bekerja dan berbagai aktifitas dalam kehidupan sehari hari.

Mengembangkan kemampuan belajar berbasis TIK sehingga proses pembelajaran dapat lebih optimal, menarik dan mendorong siswa terambil dalam berkomunikasi, terambil mengorganisasi informasi dan terbiasa bekerja sama

Mengembangkan kemapuan belajar mandiri, berinisiatif, inovatif,kretif dan bertanggung jawab dalam penggunaan TIK untuk pembelajaran, bekerja dan pemecahan masalah sehari-hari

Peranan TIK dalam pembelajaran ini juga selain membantu siswa dalam belajar adalah memiliki peranan yang cukup berpengaruh untuk guru terutama dalam pemanfaatan fasilitas untuk kepentingan memperkaya kemampuan mengajarnya.

Manfaat Siswa Mempelajari TIK

Pelajaran TIK mempermudah siswa dalam mengenal internet dan memanfaatkannya untuk berkomunikasi dengan teman, keluarga, maupun saudara yang jauh, bahkan mereka bisa berkomunikasi dengan orang yang barada di berbagai belahan dunia tanpa mengalami kesulitan seperti menggunakan jejaring sosial Facebook, Twitter, YM, dll.

Dengan adanya pelajaran TIK siswa dapat dengan mudah menggunakan komputer untuk mengerjakan tugas yang berhubungan dengan pengolahan angka, pengolahan kata, dll.

Mengembangkan kompetensi siswa dalam menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk mendukung kegiatan belajar, bekerja, dan berbagai aktifitas dalam kehidupan sehari hari.

Memotivasi kemampuan siswa agar bisa beradaptasi dan mengantisipasi perkembangan TIK, sehingga bisa melaksanakan dan menjalani aktifitas kehidupan sehari hari secara mandiri dan lebih percaya diri.

Mengembangkan kemampuan balajar barbasis TIK, sehingga proses pembelajaran dapat lebih optimal, menarik, dan mendorong kita lebih terampil dalam berkomunikasi, terampil mengorganisasi informasi, dan terbiasa bekerja sama.

Dengan adanya pelajaran TIK yang diberikan kepada siswa, maka siswa dapat memfungsikan komputer dan internet secara maksimal sebagai media belajar yang efektif.

Siswa mempunyai pengetahuan yang luas tentang dunia luar serta informasi dari berbagai belahan dunia secara cepat mudah dan murah melalui internet.

Pelajaran TIK menjadi bekal bagi siswa dalam menenpuh masa depan yang semakin deras dengan arus globalisasi dan perkembangan teknologi yang semakin canggih.

Sumber :
http://keahlian-merancang-media-pembelajaran.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
back to top